ANALISA ASPEK INTERFACE IMK PADA WEBSITE TOKOPEDIA
Pada dasarnya, fokus dari IMK atau Interaksi Manusia
dan Komputer adalah Perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface)
pada suatu sistem. UI atau User Interface dapat diartikan sebagai bagian sistem komputer yang memungkinkan
manusia berinteraksi dengan komputer secara langsung.
Kriteria dari User Interface yang Friendly antara lain :
- Memiliki tampilan yang bagus
- Mudah dioperasikan
- Mudah dipelajari
- Sering dugunakan oleh pengghuna dari remaja hingga orang tua
- Jika terjadi error pihak TOKOPEDIA langsung memperbaikinya
Dalam kasus ini, saya akan mencoba memberikan pendapat
mengenai user interface yang di tampilkan pada laman resmi TOKOPEDIA yang
beralamat di http://www.tokopedia.com/ TOKOPEDIA sendiri merupakan salah satu
layanan e-commerce (online shopping) yang cukup digemari oleh masyarakat. Untuk
itu saya akan mencoba menganalisa bagaimana user interface dari web TOKOPEDIA,
kemudahan apa saja yang ditawarkan oleh website ini dan menemukan sisi lemah
untuk kemudian dianalisa dan menjadi dasar pengembangan website.
Berikut
adalah poin-poin yang akan saya gunakan dalam mengkaji web TOKOPEDIA, http://www.tokopedia.com/:
- Readability
- Kecepatan akses
- Ketepatan
- Mobilitas Konten
- Efesiensi
Analisis dan evaluasi web TOKOPEDIA :
- Readibility
Parameter ini menyangkut bagaimana kemudahan user
untuk membaca sebuah informasi yang didapat dari sebuah web yang diberikan
ataupun mencari informasi yang diinginkan dari sebuah web. Di website TOKOPEDIA
ini pengguna diberikan beberapa pilihan baik pada menu maupun pada halaman
utama.
Gambar 1.0 Reability
Jika pada menu (lingkar merah) adalah nama dan
sekaligus menu home TOKOPEDIA saat diklik akan masuk dan kembali ke menu utama.
Lalu pada (lingkar hijau) pengguna tidak usah melakukan aksi peng-klikan
melainkan hanya mengarahkan pointer pada tab yang diinginkan. TOKOPEDIA
menyediakan kemudahan seperti pembayaran dan Top Up, Token listrik, Air PDAM,
Pulsa bahkan sampai Tekom sekalipun. Semua lengkap, nyaman, mudah dan aman.
Gambar 2.0 Berbagai fasilitas
Pengguna juga diberikan pelayanan berupa menu untuk
mendaftar, login, dan sebagainya yang berkaitan dengan pemberian info dari
pengguna kepada official maupun sebaliknya.
Logo perusahaan dalam website-nya merupakan suatu hal
yang sangat penting, karena dengan adanya logo, dapat mencerminkan perusahaan
tersebut atau dapat menjadi brand perusahaan itu. Sebenarnya, bukan hanya logo
saja yang menunjukkan brand suatu perusahaan, akan tetapi ada beberapa hal juga
yang dapat menunjukkan brand suatu perusahaan, yaitu slogan, warna website ,
dan produk/jasa layanannya. Atribut-atribut tersebut memberikan identitas dan
kepribadian pada individu, organisasi, ataupun perusahaan.
Logo yang ditampilkan pada web TOKOPEDIA ini sudah benar
berada pada sebelah kiri atas halaman, dan disertai pula dengan nama
perusahaannya, TOKOPEDIA. Letak logo pada kiri atas sudah menjadi aturan umum
dalam merdesain suatu web.
Gambar 3.0 Penataan produk
Penataan produk yang sedang mendapatkan diskon dan
promo tersusun rapih sesuai dengan kategori, kemudian ketika melakukan scroll
secara otomatis bagian menu dan logo akan tersembunyi sehingga menambah
keluasan layout ketika melihat produk.
Pemberian dan pemilihan warna dan gambar untuk
mempercantik tampilan juga diperlukan untuk menambah daya tarik konsumen / user
dalam menggunakan sistem yang didapatnya. Di website TOKOPEDIA ini mencampurkan
cenderung warna hijau dan terang terlihat nyaman ketika dipandang, dan warna
yang dipakai konsisten disetiap halamannya yang juga menjadi ciri khas dari
website ini. Selain itu penggunaan font huruf yang jelas namun dapat dibaca
oleh semua kalangan juga mendukung daya tarik dari interface web ini serta
pewarnaan merah pada font untuk harga juga sangat membantu untuk pengguna untuk
memudahkan dalam mengetahui harga tanpa kesulitan mencari.
2. Kecepatan Akses
Untuk menguji
kecepatan akses dari sebuah web, saya menggunakan portal http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
untuk menguji seberapa cepat akses web tersebut, baik dari perangkat seluler
maupun desktop. Setelah diuji, untuk web TOKOPEDIA ini mendapatkan rating 50/100
untuk masalah kecepatan akses dan 50/100 untuk Pengalaman Pengguna pada
perangkat seluler. Menurut saya penyebab rendahnya kecepatan dalam mengakses
web ini disebabkan banyaknya gambar yang digunakan pada web tersebut sehingga
membuat berat web dalam hal akses serta penggunaan flash picture untuk
mempercantik tampilan. Namun dari segi kepuasan pengguna mendapat rating sangat
baik.
Gambar 4.0 Handphone
Gambar 5.0 Laptop
3. Ketepatan
Penempatan kolom pencarian sudah tepat berada di
halaman utama sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari produk yang
diinginkan. Web ini juga menyediakan kolom disebelah kiri untuk mempermudahkan
pengguna mencari produk yg sesuai dengan kategori berdasarkan kategori, urutan,
lokasi, harga, toko yang diinginkan, kondisi serta pengiriman dan penerimaan,
serta peringkat dari produk.
Gambar 6.0 Ketepatan
4. Mobilitias Konten
Web ini menyediakan aplikasi
seluler yang dapat diunduh di APP STORE dan GOOGLE PLAY sehingga mendukung
platform smartphone yang kini digunakan serta untuk memperluas jaringan
dibuatlah link ke media sosial via Facebook, Twitter, googleplus, Pinterest dan
instagram .
Gambar 7.0 Konten
5. Efesiensi
Dari segi
efisiensi, menurut saya web TOKOPEDIA cukup efisien dalam menjawab kebutuhan
user dalam hal mendapatkan hal-hal yang umumnya diinginkan user ketika ingin
memesan tiket penerbangan online secara cepat dan mudah sehingga user merasa
dimanjakan dengan fasilitas yang diberikan pada web ini. selain itu tampilan
yang interaktif, tak terlalu mengganggu dan nyaman untuk dipandang menjadikan
user untuk diarahkan secara cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang
diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web
ini.
Referensi :
https://www.TOKOPEDIA.co.id/ (21 Mei 2017)
https://www.slideshare.net/Miftahulmuttaqin1/analisa-website-traveloka-makalah-imk (22 Desember 2012)
Look at the way my partner Wesley Virgin's report begins with this shocking and controversial video.
BalasHapusYou see, Wesley was in the army-and soon after leaving-he unveiled hidden, "mind control" tactics that the CIA and others used to get everything they want.
These are the EXACT same tactics tons of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and top business people used to become rich and successful.
You probably know that you use less than 10% of your brain.
Really, that's because most of your brainpower is UNCONSCIOUS.
Maybe this thought has even taken place INSIDE your very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain seven years back, while riding an unlicensed, beat-up garbage bucket of a vehicle without a license and $3 on his bank card.
"I'm absolutely frustrated with living paycheck to paycheck! When will I finally succeed?"
You've taken part in those types of thoughts, ain't it right?
Your own success story is waiting to start. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.
CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE