INTERAKSI
MANUSIA & KOMPUTER
1.1
Pengertian
Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi manusia dan komputer
atau biasa disebut HCI ( Human Computer Intercation ) suatu ilmu yang
mempelajari hubungan antara manusia dan komputer, seperti perancangan ,
evaluasi, dan implementasi antarmuka user agar dapat memudahkan manusia dalam
menggunakan komputer tersebut.
Simpelnya, komputer dirancang agar
dapat berinteraksi untuk dapat memudahkan manusia dalam mengoperasikan nya.
Contoh sederhana adalah mouse, mouse didesain / dirancang agar sesuai
kenyamanan fisik tangan pengguna.
Tujuan dari Interaksi Manusia Komputer :
1.
User friendly (ramah dengan pengguna) :
kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah
dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa
betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna
pemula.
2.
WYSIWYG (what you see is what you get).
3.
Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan
kebingungan pada pengguna.
4.
Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja
dan menurunkan tingkat absensi pekerja
Kriteria dari User Friendly yaitu
: Memiliki tampilan yang bagus, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, pengguna
selalu merasa senang setiap kali menggunakan software/komputer tersebut.
1.2
Tabel
Prinsip
Tabel Prinsip Prinsip yang harus
tercapai dari Interaksi Manusia dan Komputer :
INTERAKSI
MANUSIA & KOMPUTER
PADA
ATM BANK CIMB NIAGA
2.1
Prinsip
Usability ATM Bank CIMB Niaga
Usability berasal
dari kata usable yang berarti dapat digunakan dengan baik. Usability sendiri
lebih tepat dikatagorikan sebagai paradigma dari sebuah aplikasi (baik dari
sisi perangkat lunak maupun perangkat keras) yang menggambarkan tingkat
kenyamanan pemakaian dari sisi pengguna. Definisi dari usability sendiri
menurut ISO (Internasional Standart Organization) adalah efektivitas, efisiensi
dan kepuasan dengan yang satu set tertentu pengguna dapat mencapai satu set
tugas tertentu di lingkungan tertentu.
Pengertian prinsip
usability pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer adalah suatu masalah
optimasi penggunaan sistem yang digunakan oleh pengguna. Sistem akan bekerja
dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua
kemampuan sistem dapat termanfaatkan secara maksimal.
Dilihat dari
seberapa besar manfaat yang bisa didapatkan dari sistem yang dipakai, apakah
sistem tersebut memudahkan atau justru menyulitkan pengguna. Agar dapat
mencapai sebuah tingkat usability yang baik bagi para pengguna, dibutuhkan tiga
prinsip yaitu :
a.Learnability, dimana seorang
pengguna pemula dapat mempelajari sistem dan memanfaatkan sistem secara
optimal. Di dalam prinsip ini terbagi menjadi empat bagian yaitu :
1.
Predictability
yaitu
pengguna mampu menentukan hasil dari sebuah tindakan dalam sistem, contohnya
jika terjadi klik tombol Bahasa Indonesia maka pengguna dapat menebak bahwa
hasil dari tindakan pada intruksi-intruksi selanjutnya adalah berbahasa
Indonesia.
2.
Familliarity
yaitu pengguna
dapat melakukan analogi dalam desain sistem dengan aplikasi sejenis ataupun
alat sejenis yang sebelumnya telah diangggap populer. Contohnya, desain
tampilan pada layar ATM biasanya sama pada setiap bank.
3.
Generalizability
yaitu membuat
desain operasi sistem yang juga berlaku sama di aplikasi lain yang sejenis ,
contohnya pada operasi cancel, correct, dan delete.
4.
Consistency
yaitu konsisten
dalam penggunaan berbagai istilah maupun ukuran. Contohnya pada istilah istilah
transfer, lihat saldo, dan pembayaran.
b.
Flexibility,
merupakan sebuah sistem yang dianggap memenuhi usability, diharapkan dapat
dioperasikan dengan prosedur yang tidak kaku. Sebuah sistem yang dianggap memenuhi standar
fleksibilitas jika memenuhi konsep sebagai berikut:
1.
Dialogue initiative
yaitu pengguna
memiliki kebebasan dalam sebuah kontak dialog, contohnya dalam menu transfer ke
lain bank, ATM menyediakan menu pilihan kode rekening bank lainnya, terdapat
tombol untuk meneruskan proses dan sekaligus membatalkan.
c.
Robustness
yaitu kehandalan sebuah sistem dalam mencapai tujuan khususnya dari sudut
pandang pengguna. Dalam mencapainya dibutuhkan empat kriteria diantaranya :
1.
Observability
yaitu pengguna
dapat melakukan observasi pendahuluan sebelum benar-benar melakukan proses yang
sesungguhnya. Pada mesin ATM biasanya ada langkah-langkah untuk melakukan
sesuatu yang harus di konfirmasi, ini juga bias dikatakan simulasi.
2.
Recoverability
yaitu kemampuan
koreksi dari sistem jika pengguna melakukan kesalahan. Jika suatu data yang di
masukkan kedalam system ATM, maka ATM
dapat melakukan deteksi kesalahan.
3.
Responsiveness
merupakan sistem
yang responsive berarti sistem ini mampu menerima tindakan user dengan stabil.
4.
Task conformance
yaitu kenyamananan
pengguna dalam melakukan pekerjaan yang terdapat dalam sistem yang dianggap
handal. Pda saat ini ATM CIMB Niaga telah membuat tampilan dengan prinsip GUI (Graphics User Interface), dimana
tampilan desain yang dapat mempermudah user dalam melakukan transaksi.
2.1
Analisis
ATM Bank CIMB Niaga
ATM CIMB Niaga tidak berbeda
dengan ATM lainnya, hanya saja pada produk ini menyediakan fitur Rekening
Ponsel. Rekening ponsel adalah jenis tabungan yang tidak memerlukan buku
tabungan dan kartu ATM. Rekening ponsel hanya menggunakan nomor ponsel saja
sebagai nomor rekening.
Cara transaksi nya juga mudah,
hanya dating ke mesin ATM, isi nomor ponsel dan tunggu mendapatkan SMS dari
bank CIMB Niaga, SMS ini disebut PASSCODE.
Berikut beberapa
tugas dari ATM CIMB Niaga :
1)
Informasi rekening
2)
Pembayaran tagihan
3)
Isi ulang prabayar
4)
Tarik tunai
i. Kartu
debit CIMB Niaga dan kartu kredit CIMB Niaga
ii. Debit/kartu
kredit berlogo: ATM Bersama, Prima, MEPS, Visa plus, Visa, Mastercard, Cirrus,
JCB
5)
Transfer
i. Antar
rekening CIMB Niaga
ii. Ke
Bank lain anggota ATM Bersama/Prima (secara online)
6)
Branchless Banking (registrasi, perubahan
nomor ponsel, dan penghapusan)
Manfaat Rekening
ponsel :
Manfaat
lain:
- Membayar tagihan telepon/seluler
- Membayar kartu kredit
- Membayar angsuran pinjaman
- Membayar asuransi pendidikan, lingkungan
- Membayar internet/kabel TV
- Membeli tiket pesawat dan pulsa prabayar dari
hamper semua operator (Telkomsel, Indosat, AXIS, Three (3) dan XL)
2.3
Interface
ATM Bank CIMB Niaga
Interface
adalah pengantarmukaan, maksudnya adalah perangkat-perangkat yang berinteraksi
langsung dengan manusia, pada mesin atm yang berinteraksi langsung dengan
manusia adalah layar atm atau screen, slot kartu atm, slot struk, slot uang,
dan juga tombola tm. Ada juga beberapa atm yang menggunakan audio.
2.4
Design
Tampilan ATM Bank CIMB Niaga
Desain
pada mesin ATM ini lebih mengedepankan corak warna merah yang identik dengan
warna perusahaan. Dengan tampilan digital yang GUI. Berbeda dengan mesin ATM
kebanyakan yang masih menggunakan desain yang terkesan kuno, tidak ditambahkan
dengan gambar-gambar.
Desain
seperti ini sangat memudahkan pengguna, misalkan pada gambar tersebut di
analogikan pilihan Ya di spesifikan dengan logo centang atau ceklis, dan
pilihan Tidak di spesifikan dengan logo silang.
Arti
dari lambang CIMB Niaga adalah pemersatu antara bank lippo dengan bang niaga.
Pada tahun 2008 bank niaga mendapatkan hak marger dengan bank lippo, karena
Badan Perbankan Nasional melihat bahwa bank niaga sanggup untuk meng akuisisi
bank Lippo.
3.1
Prinsip
Usability ATM Bank BRI
Usability berasal dari kata usable yang
berarti dapat digunakan dengan baik. Usability sendiri lebih tepat
dikatagorikan sebagai paradigma dari sebuah aplikasi (baik dari sisi perangkat
lunak maupun perangkat keras) yang menggambarkan tingkat kenyamanan pemakaian
dari sisi pengguna. Definisi dari usability sendiri menurut ISO (Internasional
Standart Organization) adalah efektivitas, efisiensi dan kepuasan dengan yang
satu set tertentu pengguna dapat mencapai satu set tugas tertentu di lingkungan
tertentu.
Pengertian prinsip usability pada mata
kuliah interaksi manusia dan komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan
sistem yang digunakan oleh pengguna. Sistem akan bekerja dengan baik apabila
dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem
dapat termanfaatkan secara maksimal.
Dilihat dari seberapa besar manfaat
yang bisa didapatkan dari sistem yang dipakai, apakah sistem tersebut
memudahkan atau justru menyulitkan pengguna. Agar dapat mencapai sebuah tingkat
usability yang baik bagi para pengguna, dibutuhkan tiga prinsip yaitu :
a. Learnability, dimana seorang pengguna pemula dapat
mempelajari sistem dan memanfaatkan sistem secara optimal. Di dalam prinsip ini
terbagi menjadi empat bagian yaitu :
1. Predictability
yaitu pengguna mampu menentukan hasil
dari sebuah tindakan dalam sistem, contohnya jika terjadi klik tombol Bahasa
Indonesia maka pengguna dapat menebak bahwa hasil dari tindakan pada
intruksi-intruksi selanjutnya adalah berbahasa Indonesia.
2. Familliarity
yaitu pengguna dapat melakukan analogi dalam desain sistem
dengan aplikasi sejenis ataupun alat sejenis yang sebelumnya telah diangggap
populer. Contohnya, desain tampilan pada layar ATM biasanya sama pada setiap
bank.
3. Generalizability
yaitu membuat desain operasi sistem yang juga berlaku sama
di aplikasi lain yang sejenis , contohnya pada operasi cancel, correct, dan
delete.
4. Consistency
yaitu konsisten dalam penggunaan berbagai istilah maupun
ukuran. Contohnya pada istilah istilah transfer, lihat saldo, dan pembayaran.
b. Flexibility, merupakan sebuah sistem yang dianggap
memenuhi usability, diharapkan dapat dioperasikan dengan prosedur yang tidak
kaku. Sebuah sistem yang dianggap
memenuhi standar fleksibilitas jika memenuhi konsep sebagai berikut:
1. Dialogue initiative
yaitu pengguna memiliki kebebasan dalam sebuah kontak
dialog, contohnya dalam menu transfer ke lain bank, ATM menyediakan menu
pilihan kode rekening bank lainnya, terdapat tombol untuk meneruskan proses dan
sekaligus membatalkan.
c. Robustness yaitu kehandalan sebuah sistem dalam
mencapai tujuan khususnya dari sudut pandang pengguna. Dalam mencapainya
dibutuhkan empat kriteria diantaranya :
1. Observability
yaitu pengguna dapat melakukan observasi pendahuluan sebelum
benar-benar melakukan proses yang sesungguhnya. Pada mesin ATM biasanya ada
langkah-langkah untuk melakukan sesuatu yang harus di konfirmasi, ini juga bias
dikatakan simulasi.
2. Recoverability
yaitu kemampuan koreksi dari sistem jika pengguna melakukan
kesalahan. Jika suatu data yang di masukkan kedalam system ATM, maka ATM dapat melakukan deteksi
kesalahan.
3. Responsiveness
merupakan sistem yang responsive berarti sistem ini mampu
menerima tindakan user dengan stabil.
4. Task conformance
yaitu kenyamananan pengguna dalam melakukan pekerjaan yang
terdapat dalam sistem yang dianggap handal. Pada saat ini ATM Bank BRI Niaga
telah membuat tampilan dengan prinsip GUI (Graphics
User Interface), dimana tampilan desain yang dapat mempermudah user dalam
melakukan transaksi.
3.2
Analisis
ATM Bank CIMB Niaga
ATM BRI tidak
berbeda dengan ATM linnya, hanya saja pada produk ini menyediakan fitur ATM
Banking. ATM adalah salah satu fasilitas penting bagi nasabah sebuah
bank. Dengan kartu ATM seorang nasabah bisa dengan mudah melakukan transaksi
penting apalagi bila anda seorang pengusaha baik pengusaha online ataupun pengusaha
offline.
Berikut beberapa
tugas dari ATM BRI :
1. Registrasi E-banking
2. Info saldo
3. Penarikan Tunai maksimal dalam 1 hari
·
Pemegang
BRI Card Classic : Rp. 5 Juta
·
Pemegang
BRI Card Gold : Rp. 10 Juta
·
Pemegang
Card Platinum : Rp. 25 Juta
4. Ganti PIN
5. Transfer Antar Rekening
·
Antar
rekening BRI dengan maksimal transaksi dalam 1 hari.
·
Antar
Rekening BRI
·
Kartu
Classic : Rp.20.000.000
·
Kartu
Gold : Rp.50.000.000
·
Kartu
Platinum : Rp.75.000.000
·
Antar
rekening bank anggota ATM Bersama.
·
Untuk
seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold dan Platinum) maksimal transaksi dalam 1
hari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dengan sekali transaksi
Rp.5.000.000,-(lima juta rupiah).
·
Frekuensi
transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transaksi tidak
melampaui.
·
Antar
rekening di Jaringan ATM PRIMA.
·
Untuk
seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold dan Platinum) maksimal transaksi dalam 1
hari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
·
Frekuensi
transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transaksi tidak melampaui.
·
Pembayaran
Tagihan
·
Kartu
Kredit BRI
·
Kartu
Kredit dan KTA RBS
·
Kartu
Kredit dan Personal Loan HSBC
·
Kartu
Kredit ANZ
·
Kartu
Kredit dan KTA SCB
·
Personal
Loan
·
Ready
Cash dan Eazy Pay Citibank
·
Citifinansial
·
FIF,
BAF, SOF
·
Finansia,
Verena
·
PLN
·
Telkom
·
Kartu
Halo
·
Matrix
·
Flexi
·
Speedy
·
Indovision/Top
TV/Oke Vision.
2.1
Interface
ATM Bank BRI
Interface atau
dalam istilah Indonesianya Antar Muka dapat diartikan sebagai sebuah titik,
wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga
digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. pada mesin atm yang
berinteraksi langsung dengan manusia adalah layar atm atau screen, slot kartu
atm, slot struk, slot uang, dan juga tombol ATM. Ada juga beberapa ATM yang
menggunakan audio.
3.4
Design
Tampilan ATM Bank BRI
Desain pada mesin
ATM BRI lebih mengedepankan corak warna biru yang identik dengan warna
perusahaan. Dengan tampilan digital yang GUI. sama dengan mesin atm kebanyakan
yang masih menggunakan desain yang terkesan
kuno, tidak ditambahkan dengan gambar-gambar.
Tetapi BRI
memberikan sedikit sentuhan gambar gambar yang sangat memudahkan pengguna,
misalkan pada gambar tersebut di analogikan gambar seseorang sedang memasukan
PIN dan memberitahu kita untuk memasukan PIN tersebut. Adapula pilihan Ya di
spesifikan dengan tulisan didekat tombol, dan pilihan Tidak di spesifikan
dengan tombol juga.
Bentuk logo dengan
garis melengkung, memberikan citra dinamis dan lincah. selain itu bentuk
melengkung juga merupakan line of beauty yang melambangkan keindahan dan
keelokan.
Penataan huruf B,
R dan I pada logo tersebut yang ditata sedemikian rupa sehingga memberi kesan
irama dari huruf B yang memiliki dua lengkungan, kemudian huruf R yang tersisa
satu lengkungan dan digantikan dengan bentuk yang lurus, dan selanjutnya huruf
I yang melebur bersama garis pembatas tanpa adanya lengkungan seperti pada
huruf B dan R.
Irama tersebut
mencerminkan Misi BRI yang berusaha
memberikan pelayanan terbaik agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
Selanjutnya Kotak
dengan sudut yang lembut pada sekeliling huruf BRI memiliki makna bahwa
pelayanan Bank BRI memiliki cakupan yang luas untuk segala kalangan. Penataan
lengkungan tersebut juga dapat mewakili keadaan eknomi yaitu :
· Pada huruf "B" terdapat dua
Lengkungan yang berarti kehidupan ekonomi yang masih sangat labil karena bentuk
lengkung juga mewakili makna tujuan yang kurang jelas.
· Pada huruf "R" terdapat satu
Lengkungan yang kemudian berlanjut dengan garis diagonal yang dapat dimaknakan
kurang seimbang yang dapat mewakili masyarakat dengan kehidupan ekonomi
menengah.
· dan kemudian pada Huruf "I"
yang merupakan garis vertikal tegak lurus melambangkan kestabilan, keagungan,
dan kemegahan yang dapat mewakili kalangan masyarakat dengan ekonomi yang
sangat baik.
3.5
Design
Dialog ATM Bank BRI
Desain dialog pada
ATM BRI normalnya seperti ATM Bank lainnya di Indonesia, terdapat 2 bahasa
yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Ada pula Informasi
saldo dengan dialog sederhana dengan beberapa tulisan seperti “informasi
saldo”, sisa saldo dan beberapa tombol ya dan tidak.
3.6
Penanganan
Masalah dan Help - Dokumentasi
Permasalah perbankkan bukanlah hal yang diharapkan, seperti
kasus orang yang tidak mengerti atau belum paham menggunakan ATM untuk pertama
kalinya. Ada 4 jenis bantuan yang dibutuhkan user :
a.
Quick reference
digunakan sebagai pengingat untuk user dari tool yang detail
yang secara dasar sangat familiar dan biasa digunakan. Seperti menggunakan opsi
perintah umum, atau mempelajari hal mendasar secara cepat ke point-pointnya.
b.
Task-specific help
membantu user
mengahadapi masalah atau tidak pasti dalam mengambil tindakan memecahkan
masalah yang khusus atau tidak pasti dalam permasalahan perbankkan.
c.
Full explanation
petugas memberikan penjelasan atau perintah yang dapat
membantu memahami secara lengkap. Penjelasan ini mencakup informasi dimana user
tidak membutuhkannya pada saat itu.
d.
Tutorial
khusus untuk user
baru yang menyediakan perintah secara step by step bagaimana menggunakan ATM
untuk pertama kali.
DAFTAR PUSTAKA
https://tscmuzi.wordpress.com/2015/06/29/penanganan-kesalahan-dan-help-dokumentasi-imk/
http://uk-architect.blogspot.co.id/2015/05/filosofi-logo-bank-bri-howyou-look-is.html
http://vivarich.blogspot.co.id/2015/08/cara-mengambil-uang-di-atm-bri-beserta-gambarnya-dan-cara-memasukkan-kartu-atm-yang-benar.html
Dapatkan pinjaman hari @ 2% bunga dan menghidupkan kembali bisnis Anda tanpa mengganggu, kami menawarkan jumlah pinjaman dari $ 3,000.00 sampai $ 20,000.000.00, email kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang pinjaman yang Anda butuhkan. silahkan hubungi kami di: gloryloanfirm@gmail.com bersama-sama dengan informasi di bawah ini.
BalasHapus{Lengkapi formulir di bawah pinjaman}
Nama Anda: ===========
Negara: ===========
NEGARA ===========
ALAMAT: ===========
GENDER: ===========
JUMLAH DIPERLUKAN: ===========
PERIODE: ===========
NOMOR TELEPON: =========== =============
akun yang lebih baik dari perusahaan yang sah.
Hubungi kami di e-mail ini: gloryloanfirm@mail.com
Ibu Glory
Strange "water hack" burns 2lbs overnight
BalasHapusWell over 160 000 men and women are utilizing a simple and SECRET "liquids hack" to burn 1-2lbs each and every night as they sleep.
It's very simple and works on anybody.
Here are the easy steps for this hack:
1) Go grab a glass and fill it with water half full
2) And then use this amazing hack
and you'll be 1-2lbs skinnier as soon as tomorrow!