Kamis, 09 November 2017

Apa itu Ransmoware

Apa itu Ransmoware

    Ransomware WannaCrypt atau yang juga disebut Wannacry adalah jenis virus malware yang bekerja dengan mengunci komputer sehingga tidak dapat diakses pengguna, kemudian meminta tebusan untuk pengembalian data mereka yang berhasil dikunci. Menurut Alfons Tanujaya, praktisi keamanan internet dari Vaksincom, teknik ransomware sudah biasa digunakan oleh para hacker jahat untuk menyandera file korbannya.
      Malware adalah istilah umum yang merujuk pada perangkat lunak yang berbahaya bagi komputer anda, ujar John Villasenor, seorang profesor di the University of California, Los Angeles. Ransomware adalah sejenis malware yang intinya mampu mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga tebusan dibayar, ujarnya.



Cara Kerja Ransomware

Apabila komputer mengalami masalah - masalah dibawah ini, kemungkinan besar komputer terkena Malware Ransomware Wannacry.

1. Program Dan Tools Tidak Berfungsi

       Malware ini akan melumpuhkan beberapa program atau tools yang ada pada registry komputer, sehingga apabila komputer sobat mengalaminya, bisa jadi komputer sobat terinfeksi Malware Ransomware Wannacry ini.

2. Keyboard Dan Mouse Tidak Berfungsi

     Malware Ransomware Wannacry akan mematikan fungsi keyboard dan mouse sehingga sobat tidak akan bisa menggunakan perangkat I/O tersebut. Tombol keyboard yang aktif hanyalah tombol keyboard angka dan enter.

3. Adanya pesan Peringatan

    Pesan peringatan yang disampaikan oleh Malware Ransomware Wannacry adalah pengakuan bahwa yang melakukannya semuanya adalah para penegak hukum, tidak hanya itu sobat akan diminta untuk melakukan pembayaran agar supaya komputer sobat dapat terbebas dari Malware Ransomware Wannacry.


Bagaimana komputer anda bisa terinfeksi oleh ransomware?

Pada kebanyakan kasus, perangkat lunak menginfeksi komputer melalui tautan atau lampiran dalam pesan-pesan jahat yang dikenal sebagai email phishing.
      “Nasihat yang sudah lama dipegang adalah jangan pernah mengklik tautan dalam sebuah email,” ujar Jerome Segura, seorang peneliti senior untuk intelijen program jahat dari Malwarebytes, sebuah perusahaan yang berpusat di San Jose, California, yang telah merilis perangkat lunak anti-ransomware. “Gagasan yang ada di belakangnya adalah untuk memperdaya korban agar menjalankan sederet kode jahat.”Perangkat lunak ini biasanya tersembunyi dalam tautan atau lampiran dalam email. Begitu pengguna mengklik tautan atau membuka dokumen, komputernya terinfeksi dan perangkat lunak mengambil alih.
       Namun beberapa dari serangan ransomware utama baru-baru ini, termasuk WannaCry dan yang menyebar hari Selasa kemarin, meminjam kode National Security Agency yang dibocorkan yang memungkinkan perangkat lunak itu untuk menyebar dengan cepat dalam jaringan komputer sebuah organisasi.

Cara Mencegah Agar Terhindar Dari Virus Ransomware Wannacry

     Seperti yang telah kita ketahui bahwa belakangan ini dunia sedang dibikin bingung dan dibikin panik oleh serangan virus Ransomware Wannacry ini, namun sebelum terkena virus tersebut ada beberapa cara mencegahnya agar terhindar dari serangan virus Ransomware Wannacry ini. Lakukan beberapa langkah berikut untuk tindakan pencegahan dari terinfeksi malware ransomware wannacry :

1. Cabut Kable LAN / Wifi
2. Lakukan Backup Data
3. Update Backup Data
4. Update Security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dilakukan oleh microsoft.
5. Jangan Mengaktifkan fungsi macros
6. Non aktifkan fungsi SMB v1
7. Blok 139/445 dan 3389 port
8. Ulangi, selalu backup file file penting di komputer anda dan di simpan backupnya ditempat lain

Tindakan Setelah Infeksi :

      Saat ini belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file file yang sudah terinfeksi wannacry. Akan tetapi memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran wannacry ke komputer lain yang rentan vulnerablewaspadai ancaman ini dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Agar PC-PC dan bentuk Komputer Personal dan Jaringan lainnya jangan terhubung ke LAN dan Internet dulu
2. Terlebih dahulu lakukan backup data penting.
3. Pastikan software anti virus sudah update serta security patch yang disarankan oleh microsoft dilakukan terlebih dahulu.

Kesimpulan

      Wannacry menginfeksi sebuah komputer dengan meng-enkripsi seluruh file yang ada di komputer tersebut dan dengan menggunakan kelemahan yang ada pada layanan SMB bisa melakukan eksekusi perintah lalu menyebar ke komputer windows lain pada jaringan yang sama. Semua komputer yang tersambung ke internet yang masih memiliki kelemahan ini apalagi komputer yang berada pada jaringan yang sama memiliki potensi terinfeksi terhadap ancaman Wannacry.

Saran

     Virus ransomware ini sudah menjalar ke seluruh dunia, jadi ada baiknya dan sudah seharusnya dicegah sebelum terkena infeksinya. Karena jika sudah terkena maka file-file dikomputer akan tidak berdaya dengan kata lain tidak bisa dibuka.

1 komentar:

  1. In this fashion my acquaintance Wesley Virgin's biography begins with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he revealed hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the government and others used to get everything they want.

    These are the EXACT same tactics many famous people (especially those who "became famous out of nowhere") and the greatest business people used to become rich and successful.

    You've heard that you utilize only 10% of your brain.

    That's mostly because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Maybe that expression has even taken place IN YOUR own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind seven years ago, while riding a non-registered, beat-up garbage bucket of a vehicle without a license and in his pocket.

    "I'm absolutely frustrated with living check to check! Why can't I become successful?"

    You've taken part in those types of questions, ain't it so?

    Your success story is going to start. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    Watch Wesley Virgin's Video Now!

    BalasHapus