Kamis, 14 Januari 2016

TUGAS V-Class 2 Elektronika dasar

Jelaskan tentang daerah kerja Transistor        :
  Cut off
Saturasi
Aktif


Jawab         :
Transistor adalah piranti atau komponen elektronika aktif yang mempunyai tiga terminal yang terbuat dari bahan semikonduktor. Transistor dapat bersifat isolator atau konduktor, kemampuan transistor ini memungkinkan transistor digunakan untuk "switching" (pada elektronika digital) atau "amplification (penguatan)" (pada elektronika analog).
Transistor adalah sebuah akronim dari “Transfer Resistor” yang menggambarkan fungsinya, yaitu suatu komponen yang nilai resistansi antara terminalnya dapat diatur.

Daerah Mati Transistor ( CUT OFF )

Daerah cut off merupakan daerah kerja transistor dimana keadaan transistor menyumbat pada hubungan kolektor – emitor. Daerah cut off sering dinamakan sebagai daerah mati karena pada daerah kerja ini transistor tidak dapat mengalirkan arus dari kolektor ke emitor. Pada daerah cut off transistor dapat di analogikan sebagai saklar terbuka pada hubungan kolektor – emitor. CuttOff terjadi saat tidak ada arus IC yang mengalir atau seluruh tengangan VCC jatuh di VCE.






Titik Kerja Transistor Daerah Jenuh ( Saturasi )

 Transistor Daerah kerja transistor saat jenuh adalah keadaan dimana transistor mengalirkan arus secara maksimum dari kolektor ke emitor sehingga transistor tersebut seolah-olah short pada hubungan kolektor – emitor. Pada daerah ini transistor dikatakan menghantar maksimum (sambungan CE terhubung maksimum) Saturasi terjadi saat tegangan VCE = 0, artinya tidak ada jatuh tegangan yang terjadi di VCE, atau dengan kata lain kita dapat mengatakan IC mendapatkan hasil maksimumnya.
untukrangkaian seperti disamping kita dapat menemukan IC yaitu IC=VCC/(RC+RE)





Daerah Aktif Transistor
Pada daerah kerja ini transistor biasanya digunakan sebagai penguat sinyal. Transistor dikatakan bekerja pada daerah aktif karena transistor selelu mengalirkan arus dari kolektor ke emitor walaupun tidak dalam proses penguatan sinyal, hal ini ditujukan untuk menghasilkan sinyal keluaran yang tidak cacat. Daerah aktif terletak antara daerah jenuh (saturasi) dan daerah mati (Cut off). Jadi Daerah kerja transistor yang normal adalah pada daerah aktif, yaitu ketika  arus IC konstans terhadap berapapun nilai VCE. Dari kurva ini diperlihatkan bahwa arus IC hanya tergantung dari besar arus IB. Daerah kerja ini biasa juga disebut daerah linear (linear region).


Apa gunanya mengetahui hal ini??
yaitu untuk menentukan titik kerja, hal tersebut akan kita pelajari di postingan berikutnya.
gambar dibawah menunjukkan titik saturasi dan Cutoff pada transistor



















Table.  Mode Operasi Transistor Bipolar



2 komentar:

  1. Do you understand there's a 12 word phrase you can speak to your crush... that will induce intense feelings of love and impulsive attractiveness to you buried within his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, treasure and protect you with all his heart...

    12 Words Who Trigger A Man's Desire Response

    This instinct is so hardwired into a man's mind that it will drive him to work better than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    As a matter of fact, fueling this mighty instinct is so mandatory to getting the best ever relationship with your man that once you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll immediately notice him expose his soul and heart for you in such a way he never expressed before and he'll see you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly appealed to him.

    BalasHapus
  2. As stated by Stanford Medical, It's really the one and ONLY reason women in this country live 10 years longer and weigh 42 lbs lighter than us.

    (And realistically, it has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING related to "HOW" they eat.)

    P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    Tap this link to see if this quick questionnaire can help you discover your real weight loss potential

    BalasHapus