Minggu, 21 Mei 2017

ANALISA ASPEK INTERFACE IMK PADA TOKOPEDIA [TUGAS]

ANALISA ASPEK INTERFACE IMK PADA WEBSITE TOKOPEDIA



Pada dasarnya, fokus dari IMK atau Interaksi Manusia dan Komputer adalah Perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface) pada suatu sistem. UI atau User Interface dapat diartikan sebagai bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer secara langsung.




Kriteria dari User Interface yang Friendly antara lain :

  1. Memiliki tampilan yang bagus
  2. Mudah dioperasikan
  3. Mudah dipelajari
  4. Sering dugunakan oleh pengghuna dari remaja hingga orang tua
  5. Jika terjadi error pihak TOKOPEDIA langsung memperbaikinya 


Dalam kasus ini, saya akan mencoba memberikan pendapat mengenai user interface yang di tampilkan pada laman resmi TOKOPEDIA yang beralamat di http://www.tokopedia.com/ TOKOPEDIA sendiri merupakan salah satu layanan e-commerce (online shopping) yang cukup digemari oleh masyarakat. Untuk itu saya akan mencoba menganalisa bagaimana user interface dari web TOKOPEDIA, kemudahan apa saja yang ditawarkan oleh website ini dan menemukan sisi lemah untuk kemudian dianalisa dan menjadi dasar pengembangan website.



Berikut adalah poin-poin yang akan saya gunakan dalam mengkaji web TOKOPEDIA, http://www.tokopedia.com/:
  1. Readability
  2. Kecepatan akses
  3. Ketepatan
  4. Mobilitas Konten
  5. Efesiensi



Analisis dan evaluasi web TOKOPEDIA :

  1.  Readibility
Parameter ini menyangkut bagaimana kemudahan user untuk membaca sebuah informasi yang didapat dari sebuah web yang diberikan ataupun mencari informasi yang diinginkan dari sebuah web. Di website TOKOPEDIA ini pengguna diberikan beberapa pilihan baik pada menu maupun pada halaman utama.

Gambar 1.0 Reability


Jika pada menu (lingkar merah) adalah nama dan sekaligus menu home TOKOPEDIA saat diklik akan masuk dan kembali ke menu utama. Lalu pada (lingkar hijau) pengguna tidak usah melakukan aksi peng-klikan melainkan hanya mengarahkan pointer pada tab yang diinginkan. TOKOPEDIA menyediakan kemudahan seperti pembayaran dan Top Up, Token listrik, Air PDAM, Pulsa bahkan sampai Tekom sekalipun. Semua lengkap, nyaman, mudah dan aman.


Gambar 2.0 Berbagai fasilitas

 

Pengguna juga diberikan pelayanan berupa menu untuk mendaftar, login, dan sebagainya yang berkaitan dengan pemberian info dari pengguna kepada official maupun sebaliknya.

Logo perusahaan dalam website-nya merupakan suatu hal yang sangat penting, karena dengan adanya logo, dapat mencerminkan perusahaan tersebut atau dapat menjadi brand perusahaan itu. Sebenarnya, bukan hanya logo saja yang menunjukkan brand suatu perusahaan, akan tetapi ada beberapa hal juga yang dapat menunjukkan brand suatu perusahaan, yaitu slogan, warna website , dan produk/jasa layanannya. Atribut-atribut tersebut memberikan identitas dan kepribadian pada individu, organisasi, ataupun perusahaan.

Logo yang ditampilkan pada web TOKOPEDIA ini sudah benar berada pada sebelah kiri atas halaman, dan disertai pula dengan nama perusahaannya, TOKOPEDIA. Letak logo pada kiri atas sudah menjadi aturan umum dalam merdesain suatu web.
 

Gambar 3.0 Penataan produk

 

Penataan produk yang sedang mendapatkan diskon dan promo tersusun rapih sesuai dengan kategori, kemudian ketika melakukan scroll secara otomatis bagian menu dan logo akan tersembunyi sehingga menambah keluasan layout ketika melihat produk.

Pemberian dan pemilihan warna dan gambar untuk mempercantik tampilan juga diperlukan untuk menambah daya tarik konsumen / user dalam menggunakan sistem yang didapatnya. Di website TOKOPEDIA ini mencampurkan cenderung warna hijau dan terang terlihat nyaman ketika dipandang, dan warna yang dipakai konsisten disetiap halamannya yang juga menjadi ciri khas dari website ini. Selain itu penggunaan font huruf yang jelas namun dapat dibaca oleh semua kalangan juga mendukung daya tarik dari interface web ini serta pewarnaan merah pada font untuk harga juga sangat membantu untuk pengguna untuk memudahkan dalam mengetahui harga tanpa kesulitan mencari.
      

      2. Kecepatan Akses


Untuk menguji kecepatan akses dari sebuah web, saya menggunakan portal http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ untuk menguji seberapa cepat akses web tersebut, baik dari perangkat seluler maupun desktop. Setelah diuji, untuk web TOKOPEDIA ini mendapatkan rating 50/100 untuk masalah kecepatan akses dan 50/100 untuk Pengalaman Pengguna pada perangkat seluler. Menurut saya penyebab rendahnya kecepatan dalam mengakses web ini disebabkan banyaknya gambar yang digunakan pada web tersebut sehingga membuat berat web dalam hal akses serta penggunaan flash picture untuk mempercantik tampilan. Namun dari segi kepuasan pengguna mendapat rating sangat baik.

Gambar 4.0 Handphone


 Gambar 5.0 Laptop
       3. Ketepatan


Penempatan kolom pencarian sudah tepat berada di halaman utama sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari produk yang diinginkan. Web ini juga menyediakan kolom disebelah kiri untuk mempermudahkan pengguna mencari produk yg sesuai dengan kategori berdasarkan kategori, urutan, lokasi, harga, toko yang diinginkan, kondisi serta pengiriman dan penerimaan, serta peringkat dari produk.


Gambar 6.0 Ketepatan

      4. Mobilitias Konten
 

Web ini menyediakan aplikasi seluler yang dapat diunduh di APP STORE dan GOOGLE PLAY sehingga mendukung platform smartphone yang kini digunakan serta untuk memperluas jaringan dibuatlah link ke media sosial via Facebook, Twitter, googleplus, Pinterest dan instagram .
 

 Gambar 7.0 Konten 

      5. Efesiensi


Dari segi efisiensi, menurut saya web TOKOPEDIA cukup efisien dalam menjawab kebutuhan user dalam hal mendapatkan hal-hal yang umumnya diinginkan user ketika ingin memesan tiket penerbangan online secara cepat dan mudah sehingga user merasa dimanjakan dengan fasilitas yang diberikan pada web ini. selain itu tampilan yang interaktif, tak terlalu mengganggu dan nyaman untuk dipandang menjadikan user untuk diarahkan secara cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web ini.



Referensi :




1 komentar:

  1. Look at the way my partner Wesley Virgin's report begins with this shocking and controversial video.

    You see, Wesley was in the army-and soon after leaving-he unveiled hidden, "mind control" tactics that the CIA and others used to get everything they want.

    These are the EXACT same tactics tons of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and top business people used to become rich and successful.

    You probably know that you use less than 10% of your brain.

    Really, that's because most of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Maybe this thought has even taken place INSIDE your very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain seven years back, while riding an unlicensed, beat-up garbage bucket of a vehicle without a license and $3 on his bank card.

    "I'm absolutely frustrated with living paycheck to paycheck! When will I finally succeed?"

    You've taken part in those types of thoughts, ain't it right?

    Your own success story is waiting to start. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE

    BalasHapus